Wednesday, January 24, 2018

Dewa Bangsa Nordik

Bangsa Nordik adalah sebutan bagi orang - orang yang tinggal di wilayah utara seperti Jerman, Belanda, dan Semenanjung Skandinavia. Seperti kebanyakan masyarakat Eropa, orang yang tinggal di wilayah utara ini juga punya kepercayaan terhadap Dewa dan Dewi.


1. Odin
Odin via:pinterest
Odin adalah pemimpin para dewa yang mempunyai singgasana di Asgard, dijuluki sebagai "All father" karna dipercaya merupakan bapak dari Bangsa Nordik. 

Odin merupakan dewa yang sangat dihormati oleh penduduk Nordik karna Odin merepresentasikan segala kebijaksanaan dan pengetahuan dengan penggambaran layaknya seorang yang tua (sangat berpengalaman dalam hal  apapun).

2. Frigg
Frigg via:flickr.com
Frigg adalah istri dari Odin, dilambangkan sebagai Dewi yang penuh kasih sayang, ratu para Aesir (Bangsa Dewa), pemimpin para Dewi dan ibu kandung dari Balder. Frigg mempunya kemampuan meramal tetapi ia tdk pernah menceritakan apa yang ia ketahui.

3. Freya
Freya via:pinterest

Freya adalah lambang kecantikan dan perang. Ia memiliki wajah yang cantik dan pernah dinobatkan sebagai Dewi yang paling cantik di Valhalla. 


Menurut kepercayaan Nordik, Freya memerintah "Fólkvangr" (surga dimana setengah dari prajurit yang gugur di peperangan berada, sementara sisanya berada di Valhalla bersama Odin).


4. Thor
Thor
via:vladmrk.deviantart.com
Thor merupakan salah satu Dewa yang terkenal di kepercayaan Nordik. Ia adalah putra dari Dewa Odin dan terkenal dengan julukan Dewa Petir. 

Thor memiliki kekuatan yang besar, dengan kekuatan yang ia miliki ia berperan untuk melindungi Asgard dan Midgard. Thor dipercaya memiliki sebuah senjata berbentuk palu yang disebut dengan Mjolnir, yang bisa menhaslkan petir.

5. Loki

Loki via:pinterest
Loki bukanlah seorang Dewa (bukan termasuk Aesir/Vanir) karna merupakan keturunan dari Jotun, akan tetapi Loki tetap dipanggil Dewa karna kedekatannya dengan Odin. 

Dilambangkan sebagai Dewa yang penuh dengan trik, licik, yang suka mengacau dan pencari masalah.

6. Heimdall
Heimdall via:norskk
Heimdall adalah dewa yang memiliki tanduk yang bergema, disebut dengan Gjallarhorn dan mempunyai kuda berwarna keemasan bernama Gulltoppr. 

Heimdall mampu meramal dan mempunyai penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam untuk mengawasi 9 "Realm" (sebutan wilayah dalam mitologi Nordik yang memiliki kedaulatan dan peraturan).

No comments:

Post a Comment