Tuesday, January 30, 2018

Dewa Bangsa Persia, -Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas sebagian dari Dewa Bangsa Persia. Maka kali ini kami akan melanjutkan pembahasan kita yang sebelumnya yang kami dapatkan dalam CAIS : The Circle of Ancient Iranian Studies.

6. Arishtat

Arishtat adalah Dewa Kejujuran maupun Keadilan, Arishtat sendiri diyakini sebagai dewa karna memiliki sifat diantaranya kejujuran dan keadilan.

7. Armaiti
Armaiti via : mythologica.fr
Armaiti adalah Dewi Kesuburan/Kehidupan dan Kematian. Simbol dari ketaatan, merupakan anak dari Ahura Mazda, Ia adalah dewa yang tinggal di Bumi, meninggal dan dikubur di Bumi.

Menurut kepercayaan Bangsa Persia setiap tanggal 5 di bulan ke-12 adalah hari suci untuk memperingati Armaiti.

8. Asman

Asman adalah Dewa Langit dan merupakan representasi dari surga tertinggi, dimakamkan di tempat antah berantah dekat Bumi. Dan menurut kalender Zoroastri tiap tanggal 27 adalah hari suci untuk memperingati Asman.


9. Atar
Atar via : minos-minal-omfalos.blogspot.com
Api suci, api yang membakar, api yang terlihat dan api yang murni adalah semua sebutan untuk Dewa Atar. Ia adalah Dewa Api dan juga sekaligus anak Ahura Mazda.

Atar juga diyakini sering menampakkan diri ketika Ahura Mazda hadir dan perayaan pemurniaan api dilakukan 1.128 kali dalam setahun.

10. Baga

Baga diyakini oleh Bangsa Persia sebagai perwujudan dewa dan pelindung yang memberikan kekayaan dan kesejahteraan. Yang diyakini sebagai raja yang memberikan harta bagi pengikutnya.

Dalam Bahasa Persia zaman pertengahan nama kota Baghdad berasal dari kata "baga-data" yang berarti "lord-given" (pemberian raja).

No comments:

Post a Comment