Saturday, January 27, 2018

Dewa Bangsa Mesopotamia, -Bagian 2

Waktu lalu kami telah membahas tentang Dewa Dewi Bangsa Mesopotamia bagian pertama. maka saat ini kami akan membahas bagian keduanya, tanpa waktu lama lagi, mari kita simak.


5. Enki/Ea
Enki via:en.wikipedia.org
Enki dikenal sebagai Dewa Air, Kerajinan, Kecerdasan, Kerusakan. Kemudian Ia dikenal sebagai Ea dalam mitologi Akkadia dan Babylonia.

Awalnya Ia adalah Dewa Pelindung bagi kota Eridu, namun pada akhirnya pengaruh dari ketenarannya sampai pada Mesopotamia, Canaanites, Hittites dan Hurrian.

Ia dikaitkan pula dengan kumpulan rasi bintang yang disebut Ea.

6. Ereshkigal
Ereshkigal via:twitter.com
Ereshkigal adalah Dewi yang berasal dari Kur (tanah orang mati/underworld) dalam mitologi Sumeria. Dalam mitologi Mesopotamia sendiri namanya berarti Ratu dari Dunia yang agung.

Dalam mitologi Semit, dikatakan bahwa Ia memerintah Irkalla (underworld yang siapapun telah masuk tidak akan bisa kembali lagi) bersama suaminya Nergal.

Dalam mitlogi Sumeria dikatakan bahwa hanya Ia yang dapat memberi hukuman dan mempunyai wewenang tertinggi di kerajaannya.

7. Inanna
Inanna via:vvhohvv.cgsociety.org
Inanna dalam mitologi Sumeria kuno adalah Dewi Cinta, Kecantikan, Sex, Kesuburan, Perang, Keadilan dan Kekuatan Politik.

Kemudian dia dipuji oleh Bangsa Akkadia, Babylonia dan Assyria yang kemudian disebut sebagai Ishtar dan juga sering dijuluki sebagai Ratu dari Surga.

Dewi Pelindung bagi kuil Eanna di kota Uruk. Ia juga dikaitkan dengan planet Venus dan simbol yang paling mencolok adalah singa dan bintang octagonal (delapan ujung).

Ia adalah istri dari Dewa Tammuz, dan juga Ia mempunyai seorang pelayan yang dikenal sebagai Dewi Ninshubur.

8. Marduk
Marduk via:en.wikipedia.org
Marduk adalah Dewa Pelindung Babylonia dan akhirnya menjadi Dewa penting dan terkenal Babylonia. Ia adalah Dewa generasi akhir Bangsa Mesopotamia.

Ia dipuji di kuil Esagila, dikaitkan dengan senjata yang hebat bernama Imhullu (senjata angin milik Marduk).

No comments:

Post a Comment