Friday, January 26, 2018

Dewa Bangsa Mesopotamia, -Bagian 1

Mesopotamia adalah wilayah bersejarah yang berada di Asia Barat dan wilayah yang dilalui oleh 2 sungai yaitu, sungai Tigris dan Euphrates. Pada jaman sekarang wilayah Mesopotamia adalah bagian dari Iraq, Kuwait, bagian timur Syria dan bagian selatan Turki.

Dewa Bangsa Mesopotamia via:9gag


1. Adad/Hadad

Adad via:google.co.kr
Adad adalah dewa Petir atau Dewa Hujan menurut kepercayaan Bangsa Mesopotamia dan Bangsa Semit barat laut. Adad diperkenalkan pertama kali oleh Amorites (suku kuno yang menaklukan bagian selatan Mesopotamia). Banteng adalah simbol atau representasi dari Adad.

Adad digambarkan sebagai pria yang memilik jenggot dan sering digambarkan memegang gada/pentungan dan petir di tangannya. Ia sering disetarakan dengan Dewa Zeus dari Yunani, Dewa Jupiter dari Roma, Dewa Amun dari Mesir, dan Dewa Indra dari Bangsa Rigveda (suku kuno dari dataran India).

2. Ashur/Enlil
Ashur via:thishollowearth.wordpress.com
Ashura/Enlil adalah dewa bagi masyarakat Semit Timur dan Dewa bagi orang - orang terkenal Assyrian pada keyakinan Mesopotamia. Ashur mulai dupuja oleh masyarakat kota yang bernama Assur, sebuah kota yang berasal dari masa pertengahan milenium ke-3 sebelum masehi dan salah satu kota penting dari kerajaan Assyrian kuno.

Ashur tidak memiliki keluarga, akan tetapi ia memiliki banyak penggemar/pemuja dibawah pengaruh Mesopotamia Selatan. Sesudahnya, Ia dianggap setara sebagai Dewa Enlil Oleh masyarakat Assyrian.
Dalam banyak keyakinan Ia adalah Dewa Angin.

3. Anu
Anu via:ancient.eu
Anu adalah Dewa Langit Bangsa Mesopotamia kuno dan terkenal sebagai pemimpin para Dewa bagi orang - orang terkenal di Sumeria. Akan tetapi, dalam catatan awal pada naskah tulisan dijelaskan bahwa Dewa Anu telah digantikan oleh anaknya, Dewa Enlil.

Dalam beberapa gambaran dasar Ia adalah leluhur dari Annunaki (Grup dari beberapa Dewa kecil dalam mitologi Bangsa Sumeria, Akkadian, Assyirian dan Babylonia). Ia juga dikenal sebagai pemegang wewenang tertinggi bagi para Dewa dan semua peraturan manusia.

4. Dagan/Dagon
Dagon via:en.wikipedia.org
Dagon adalah Dewa Kesuburan bagi masyarakat Mesopotamia. Dia dipuji sebagai Dewa Kesuburan di Ebla, Assyria, Ugarit dan beberapa Amorites. Julukan lain yang ditujukan padanya adalah Dewa Ikan karna relief yang ditemukan Ia digambarkan sebagai manusia setengah ikan dan nama dâg yang berarti ikan.

No comments:

Post a Comment