Saturday, January 27, 2018

Dewa Bangsa Mesopotamia, -Bagian 3

Ada banyak Dewa maupun Dewi yang diyakini oleh masyarakat pada masa dulu, salah satunya berasal dari Mesopotamia, kali ini kami akan membahas beberapa Dewa Bangsa Mesopotamia bagian 3.


9. Nabu
Nabu via:en.wikipedia.org
Nabu adalah Dewa Kebijaksanaan, Tulisan dan salah satu Dewa Pelindung Bangsa Mesopotamia. Nabu dipuja oleh masyarakat Babylonia dan Akkadia.

Ia dikenal dengan nama Nisaba pada kuil - kuil di Sumeria dan mulai terkenal oleh masyarakat Babylonia sejak diidentifikasi bahwa Ia adalah anak dari Dewa Marduk.

Nabu dipuja di kota Borsippa tetangga Babylonia. Ketika tahun baru tiba, patungnya dipindah ke Babylonia untuk menghormati ayahnya.

Simbol dari Nabu sendiri adalah sebuah piringan hitam yang diletakkan di atas sebuah papan. Ia mempunyai istri bernama Dewi Tashmet, Dewi masyarakat Akkadia.

10. Nanshe
Nanshe via:i.pinimg..com
Dalam mitologi Sumeria, Nanshe adalah anak dari Dewa Enki dan Dewi Ninhursag. Ia adalah Dewi Keadilan Sosial, Ramalan, Kesuburan dan Ikan.

Seperti ayahnya, dia banyak dikaitkan dengan air. Tempat tinggalnya berada di laut mediterania, Persian Gulf. Kuil tempat singgasananya adalah kuil Sirara, kota Nina.


11. Nergal
Nergal via:google.ru
Nergal adalah Dewa yang dipuja disepanjang Mesopotamia. Ia adalah Dewa Bencana, Perang dan Matahari dengan kekuatan merusak. Suami dari Dewi Ereshkigal.

Singgasananya berada di wilayah Cuthah merupakan sebuah bukit. Ia sering digambarkan sebagai singa dan merupakan anak dari Enlil dan Inlil, bersama dengan Nanna dan Ninurta.

12. Ninhursag
Ninhursag via:antrodellamagia.forumfree.it
Dalam kepercayaan Sumeria, Ia merupakan Ibu dari Dewi dari pegunungan dan juga ibu dari 7 Dewa hebat (Annunaki). Ia adalah Dewi Kesuburan dan dijuluki sebagai "Ibu Ratu dari Surga".

Rambutnya dilukiskan seperti bentuk Omega, kadang - kadang memakai hiasan tanduk di kepalanya dan pakaian yang bertingkat - tingkat.

1 comment:

  1. 3MPOKER Menyediakan Bonus 5.000 setiap hari dengan minimal deposit 50.000 ( seumur hidup )

    FREE LUCKY SPIN SETIAP MINGGUNYA !

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. 3MPOKER.TOP
    Facebook : 3MPoker Agen Terpercaya
    WA : +85569769389
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181

    ReplyDelete