Thursday, January 25, 2018

9 Realms yang Terkenal dalam Mitologi Nordik

Realm adalah sebutan untuk suatu wilayah yang mempunyai kedaluatan dan peraturan serta mengacu pada wilayah - wilayah yang memiliki sistem Monarki bukan kerajaan atau bisa dikatakan pemimpin dari realm adalah bukan seorang Raja atau Ratu.


1. Asgard
Asgard via:pinterest
Asgard adalah kerajaan para Dewa yang terpisah dari manusia,Midgard. Salah satu dari 9 dunia yang ditempati oleh Aesir (Bangsa Dewa). Secara umum, Asgard dipimpin oleh Odin dan istrinya, Frigg.

2. Alfheim
Alfheim via:norse-mythology.org
Alfheim adalah rumah para Elf, terletak pada puncak Yggdrasil (pohon mistis sangat besar yang menghubungkan 9 dunia) setelah Asgard, mereka adalah makhluk yang bercahaya.

3. Vanaheim
Vanaheim via:norse-mythology.org
Vanaheim adalah rumah bagi para Vanir salah satu bangsa Dewa Dewi namun berbeda dengan Aesir. Berbeda dengan Aesir yang lebih superior dan berkuasa bangsa Vanir lebih mengatur kesuburan dan fenomena alam. Tempat tinggal mereka mengelilingi Yggdrasil, bahkan beberapa Vanir tinggal di Asgard.

4. Niflheim
Niflheim via:norse-mythology.org

Niflheim adalah dunia kabut, salah satu dari dua dunia pada masa purba. Mengalir di dalamnya sungai yang sangat dingin, Élivágar (sungai dengan ombak es yang datang dari tempat sangat jauh dari mata air yang membawa buih dari racun ular yang keras seperti arang besi dan dapat memadamkan api), serta sumur dari Hvergelmir (cairan yang berasal dari tanduk rusa jantan) yang berasal dari penjuru sungai.

5. Midgard
Midgard via:triptrust.com

Midgard adalah rumah bagi manusia, berasal dari kata kuno Nordik Miðgarðr (halaman tengah), yang kemudian bertransformasi menjadi Middellærd yang berarti "tengah bumi". 

Dalam mitologi Nordik, Midgard berada di tengah Yggdrasil (pohon mistis sangat besar yang menghubungkan 9 dunia). Midgard berada diantara Niflheim (tanah es) ke utara dan Muspelheim (tanah api) ke selatan. 

Juga dikatakan bahwa Midgard dikelilingi oleh lautan yang tidak dapat dilewati. Digambarkan bahwa lautan itu ditempati oleh seekor Ular yang besar bernama Jörmungandr yang mengelilingi Midgard dengan menggenggam ekornya. 

Midgard terhubung dengan Asgard dengan melalui Bifröst (jembatan pelangi), yang dijaga oleh Heimdall.

6. Jotunheim
Jotunheim via:norse-mythology.org
Jotunheim adalah tempat tinggal para raksasa dalam mitologi Nordik. Dari sinilah para raksasa mengancam kehidupan manusia di Midgar dan dewa di Asgard, mereka dipisahkan oleh sungai Ifing

Pemimpin dari realm ini adalah seorang raksasa yang bernama Thrymr yang pernah berhasil mencuri Mjolnir milik Thor dan mencoba memaksa para Dewa di Asgard untuk menerima permintaannya supaya Freya menjadi istrinya.

7. Nidavellir/svartalfheim
Svartalfheim via:norse-mythology.org
Setelah Dewa, Elf, Manusia dan Raksasa rasanya tidak lengkap bila tidak memasukkan Bangsa Dwarf atau Kurcaci, Svartalfheim adalah realm bagi kurcaci atau Black Elves (elf hitam). Para kurcaci merupakan ahli metalurgi dan pengrajin yang ahli dalam menciptakan teknologi.

8. Muspelheim
Muspelheim via:norse-mythology.org
Muspelheim adalah tanah api kebalikan dari Niflheim. Realm ini dipimpin oleh seorang Jotun bernama Surtr. Muspelheim adalah dunia purba yang telah lama ada menurut kepercayaan Nordik.

9. Helheim
Helheim via:fanpop.com
Helheim adalah bagian akhir dari realm yang berada di kepercayaan Nordik. Jika Asgard merupakan realm yang berada di puncak Yggdarsil, makan Helheim adalah kebalikannya, Helheim berada di bawah pohon Yggdarsil dan juga tempat dimana Hel saudari dari Loki memerintah. Untuk menuju ke Helheim syarat utamanya harus mati, jadi tidak jarang bahwa Helheim juga dijuluki sebagai "underworld".


Jika diruntut dan di lihat dari Yggdrasi maka akan tampak seperti ini :
pict via:ohdeargodwhy.tumblr.com

No comments:

Post a Comment