Saturday, August 30, 2014

Ksatria Hebat Kerajaan Hindu-Budha.

       Kerajaan Hindu-Budha adalah yang pertama kali menguasai Nusantara, Bahkan diantara Kerajaan ini mampu menguasai hampir seluruh Asia tenggara sehingga disebut  Mahakerajaan Raya. Hal itu tidak bisa lepas dari peran Ksatria Hebat yang Mampu Menaklukkan Wilayah musuh, Siapakah mereka ? Langsung baca saja artikelnya.

1. Mahapatih Gajah Mada 
Gajah Mada via:biografipahlawan.com
Gajah Mada adalah seorang Panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman Kerajaan Majapahit. Ia memulai kariernya mulai tahun 1313 dan kariernya semakin meroket setelah peristiwa pemberontakan Ra Kuti pada masa pemerintahan Sri Jayanagara, yang mengangkatnya sebagai patih. 

Ia menjadi Maha Patih (Menteri Besar) pada masa Ratu Tribhuwanatunggadewi, dan kemudian sebagai Amangkhubumi (Perdana Menteri) yang mengantar Majapahit pada puncak kejayaannya.

Gajah Mada dikenal dengan sumpahnya, yaitu Sumpah Palapa. Ia menyatakan tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara. Meskipun dia sangat sentral pada masa itu tapi jati dirinya masih menjadi perbincangan para sejarawan. Pada masa sekarang Indonesia menetapkan Gajah Mada sebagai salah satu Pahlawan Nasional dan simbol Negara.

2. Sri Maharaja Cudamani Warmadewa 
pict via :google.com

Sri Maharaja Cudamani Warmadewa adalah Maharaja dari Kerajaan Sriwijaya. Maharaja Sriwijaya ini berhasil memukul mundur pasukan Jawa dengan menghimpun bala bantuan dari diplomasi raja-raja dibawahnya , Sriwijaya memperlihatkan kegigihan persekutuan mandalanya, bertahan dan berjaya memukul mundur angkatan laut Jawa.



3. Maharaja Mulawarman Nala Dewa 
pict via :google.com
Mulawarman adalah anak dari Asmawarman dan cucu dari Kudungga. Asmawarman adalah pendiri dari dinasti Kerajaan Kutai, sehingga diberi gelar Wangsakerta, yang artinya pembentuk keluarga.

Sedangkan kakek Mulawarman sendiri yaitu Kadungga adalah pembesar Kerajaan Campa (Kamboja). Dari Yupa diketahui kerajaan yang di pimpin oleh Mulawarman mengalami masa keemasan. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kutai hidup makmur dan sejahtera.

4. Dharanindra 
Dharanindra, atau disingkat dengan Indra, adalah seorang raja Wangsa Sailendra yang memerintah sekitar tahun 782 yang berhasil melebarkan wilayah dari Kerajaan Mataram Kuno sampai Semenanjung Malaya dan Indocina. Mendapat julukan sebagai "Pembunuh musuh-musuh perwira".

Baca Juga


No comments:

Post a Comment