Friday, August 29, 2014

Dewa Olympus

         12 Dewa Olympus adalah sebutan dari para Dewa-Dewi Yunani kuno yang bertempat tinggal di puncak Gunung Olympus,  meskipun jumlahnya bukan 12. Siapa  saja mereka ???

1. Zeus

Zeus via:pinterest


Zeus merupakan Raja para Dewa Olympus, anak dari Titan Kronos dan Rea anak yang paling muda diantara para saudaranya. Zeus sering disimbolkan dengan petir, elang, banteng dan pohon ek. Zeus menikahi Hera yang sekaligus kakak kandungnya sendiri

2. Hades
Hades via:artstation.com
Dewa bawah, merupakan anak tertua dari Titan Kronos dan Titan Rea. Bersama dengan Zeus dan Poseidon, Hades memerangi ayahnya Kronos untuk mengambil alih kekuasaan atas dunia. 

Zeus, Hades, Poseidon melakukan undian untuk menentukan posisi mereka. Alhasil, Hades mendapat dunia bawah. Simbol Hades diasosiasikan dengan Helm Kegelapan dan anjing berkepala tiga, Kerberos.

Karena Hades dari dunia bawah (dunia orang mati), dia sering dianggap Dewa Kematian padahal bukan.

3. Poseidon
Poseidon via:artstation.com
Poseidon dikenal sebagai Dewa laut, sungai dan danau. Dia memiliki senjata berupa Trisula yang dibuat oleh para Kiklops yang dapat menyebabkan banjir dan gempa bumi. 

Poseidon juga menaiki kendaraan yang dikemudikan oleh hippokampos (makhluk setengah kuda dan setengah ikan).

4. Hera
Hera via:haniemohd.deviantart.com
Hera adalah Dewi pernikahan, kebahagiaan dan kakak perempuan Zeus sekaligus istrinya. Hera digambarkan sebagai Dewi yang penuh dengan keagungan dan keberuntungan. 

Hera sering dimahkotai dengan polos (mahkota lingkaran yang hanya ditahtahkan pada Dewi besar. Dihubungkan dengan sapi dan burung merak.

5. Ares
Ares via:hzweb.hi-rezgame.net
Ares adalah Dewa perang. Merupakan anak dari Zeus dan Hera. Memiliki dua pengawal yaitu Fobos dan dan Deimos. Ares adalah Dewa yang haus darah dan perwujudan dari pembunuhan. 

Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan serta keberanian. Ares memilik tombak berujung perunggu dan seperangkat baju perang (helm, perisai, sabuk dan pelindung kaki) yang sangat bercahaya. 

Ares juga memiliki kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda emas yang mampu menyemburkan api: Aithon (Api Merah), Konabos (Kekacauan), Flogios (Nyala Api) dan Fobos (Rasa Takut).

6. Athena
Athena via:en.wikibooks.org
Dikenal juga dengan Pallas Athena merupakan Dewi kebijaksanaan, strategi dan perang. Athena juga dikenal sebagai Dewi penolong pahlawan. 

Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos (perawan). Sering digambarkan memegang tombak.

7. Apollo

Apollo via:arcosart.deviatart.com
Apollo adalah Dewa cahaya, musik dan matahari. Ia mempunyai busur yang terbuat dari emas dan alat musik Kithara.

8. Artemis 

Artemis via:flickr
Artemis adalah Dewi perburuan dan saudara kembar Apollo, digambarkan sebagai pemburu yang membawa busur dan anak panah.

9. Demeter

Demeter via:ooneithoo.deviantart.com
 Demeter merupakan Dewi kesuburan dan pertanian. Konon Demeter adalah Dewi yang mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu.

10. Dionisos
Dionisos via:didoofcarthage.tumblr.com
Dionisos dikenal sebagai Dewa anggur (arak) atau biasa dikenal sebagai Dewa pesta. Dionisos dapat dikenali sebagai penunggang macan tutul.

11. Hefaistos 
Hefaistos via:hiitola-foorumi.net
Hefaistos adalah Dewa teknologi, pengrajin, pemahat dan metalurgi. Dia adalah Dewa yang pincang dan merupakan pandai besi bagi para dewa yang sering membuat alat dan senjata berguna bagi para Dewa Olympus.

12. Hermes
Hermes via:google.com
Hermes adalah Dewa pembawa pesan juga disebut Dewa atletik karna dipercaya menemukan olahraga gulat, tinju dan balap. 

13. Hestia
Hestia via:greekgoddesses.wikia.com
 Hestia merupakan Dewi perapian, Hestia juga merupakan kakak perempuan dari Zeus. Karena singgasana Olympus sudah penuh, dia rela meninggalkan tahtanya. 

Hestia secara teknis bukanlah Dewa-Dewi Olympus, tetapi dia mempunyai kesamaan posisi dengan Dewa-Dewi lainnya.

No comments:

Post a Comment